Komisioner Komisi -Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Gedung Mahkamah Konstitusi, Senin (18/1/2016)
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada 2017 memasuki tahap akhir.

Penyusunan DPT akan selesai pada tanggal 6 Desember 2016.

"Daftar Pemilih Sementara (DPS) saat ini ada 41 juta orang. Jumlah itu termasuk yang belum memiliki KTP elektronik," kata Ferry, di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Ferry mengatakan, saat awal penetapan DPS, masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik berjumlah 3,9 juta orang.

Setelah dilakukan sinkronisasi dengan data yang dimiliki Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, terdapat pengurangan data.

"Misalnya di DKI Jakarta dari 504.000 orang itu menjadi 100.000. Jumlah pengurangan ini sekarang 1,5 juta orang," ujar Ferry.

Ia menyebutkan, pihaknya akan terus melakukan sinkronisasi data dengan Ditjen Dukcapil.

Hal itu dilakukan untuk memastikan hak konstitusional masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik mendapatkan hal pilihannya pada 15 Februari 2016.

Ferry berharap, DPT yang ditetapkan di 101 daerah Pilkada telah mencakup semua data.

Data itu, lanjut dia, harus dirasionalisasi dengan jumlah penduduk yang meninggal, data ganda, dan pertambahan pemilih baru.

"Itu semua nanti kami akan validasi, verifikasi, sehingga data DPT betul-betul terkait," ujar Ferry. (Kompas)

Post A Comment: