Communist Manifesto
Manifesto Partai Komunis  yang ditulis oleh Karl Marx dan Friedrich Engels pertama kali diterbitkan pada 21 Februari 1948 di kota London, Inggris. Pada awal terbitnya, manifesto ini ditujukan untuk Liga Komunis yang merupakan partai politik internasional terbentuk tahun 1847 di London, Britania Raya. Manuskrip manifesto ini dicetak di percetakan London pada Januari 1848, beberapa minggu sebelum meletusnya Revolusi Perancis pada tanggal 24 Februari 1848.

Liga Komunis ini merupakan hasil penggabungan antara Liga Keadilan (pimpinan Karl Schapper) dengan Komite Korespodensi Komunis Brussel Belgia (anggota utama: Karl Marx dan Friedrich Engels)

Manuskrip Manifesto Komunis (bahasa Jerman: Das Manifest der Kommunistischen Partei) atau disebut juga Manifesto Partai Komunis ini adalah sikap politik dari Liga Komunis yang mereka umumkan kepada publik.

Karl Heinrich Marx (lahir di Trier, Prusia, pada 5 Mei 1818. Meninggal di London, Inggris, 14 Maret 1883 pada usia 64 tahun) adalah seseorang anak yang lahir dari keluarga Yahudi progresif. Ayahnya bernama Herschel, merupakan keturunan para rabi, walau demikian ayahnya cenderung menjadi deis, kemudian ia meninggalkan agama Yahudi dan beralih ke agama resmi Prusia, Protestan aliran Lutheran yang relatif liberal untuk menjadi pengacara. Herschel pun mengganti namanya menjadi Heinrich.

Friedrich Engels (lahir di Barmen, Wuppertal, Jerman, 28 November 1820. Meninggal di London, 5 Agustus 1895 pada usia 74 tahun) adalah anak sulung dari pengusaha tekstil yang berhasil, sewaktu ia dikirim ke Inggris untuk memimpin pabrik tekstil milik keluarganya yang berada di Manchester, ia melihat kemiskinan yang terjadi kemudian menulis dan dipublikasikan dengan judul Kondisi dari kelas pekerja di Inggris (Condition of the Working Classes in England, 1844). Pada tahun 1844 Engels mulai ikut berkontribusi dalam jurnal radikal yang yang ditulis oleh Karl Marx di Paris.

Post A Comment: