Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Jakarta, Pilkita.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud, keluarga, dan rombongan akan berpelesir ke Bali bukan bagian dari agenda lawatan kenegaraan.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah melakukan lawatan kenegaraan bertemu dengan presiden Jokowi dan jajaran pemerintah Republik Indonesia, Raja Salman akan mengunjungi Bali bersama rombongan untuk tujuan berwisata.

Dengan demikian statusnya bukan lagi Tamu Negara, tetapi wistawan biasa.

"Dari tanggal 1 sampai 4 Maret 2017 itu kami terima sebagai tamu negara. Berikutnya, yang di Bali, ya itu perjalanan keluarga ya, private," terang Menteri Pariwisata Arief Yahya ketika memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Presiden, Rabu (22/2/2017).

Arief menambahkan, "Kalau dari segi penjagaan dan pengamanan tetap dilaksanakan." Karenanya, perlakuan kepada Raja Salman dan keluarga serta rombongan akan sedikit berbeda.

Hal tersebut dikarenakan dalam rangka liburan keluarga Raja Salaman dan rombongan belum memberikan informasi kepada Pemerintah Indonesia prihal tujuan di Pulau Dewata yang akan dikunjungi Raja Salman, Arief menambahakan.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung memberi keterangan bahwa Raja Salman akan membawa keluarga dan rombongan besarnya dalam kunjungan kenegaraannya ke Indonesia dari tanggal 1 sampai 4 Maret 2017.

Tujuh unit pesawat yang mengangkut Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud beserta rombongan akan tiba di Jakarta pada 1 Maret 2017. Rombongan akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma.

ketujuh pesawat berukuran wide body itu terdiri dari dua unit Boeing 777, satu unit Boeing 747 SP, satu unit Boeing 747-300, satu unit Boeing 747-400, satu unit Boeing 757, dan satu unit pesawat Hercules.

"Kunjungan ini akan membawa rombongan terbesar, lebih kurang 1.500 orang, 25 pangeran dan 10 menteri," ujar Pramono.

Topik yang akan dibahas dalam pertemuan kenegaraan itu antara lain peningkatan wisatawan Timur Tengah ke Indonesia, penambahan kuota jemaah haji, hingga perlindungan warga negara Indonesia yang bekerja di Arab Saudi.

Setelah itu, Raja Salman dan rombongan akan berlibur ke Bali dari tanggal 4 hingga 9 Maret 2017.

Post A Comment: