Raja Salman bertemu dengan Megawati, Puan dan Presiden Jokowi di Istana Merdeka (2/3/2017)

Pilkita.com, Jakarta - Permintaan Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud akhirnya terpenuhi setelah bertemu dengan Megawati Soekarno Putri anak Soekarno Presiden pertama Indonesia.

Megawati  yang juga Presiden kelima Indonesia, dan putrinya Puan Maharani bertemu Raja Salam di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (2/3/2017)

Sehari sebelumnya ketika tiba di Istana Bogor, Raja Salaman disambut Presiden Jokowi di teras Istana. Raja Salman sempat menanyakan kepada Presiden Jokowi yang manakah cucu dari Presiden Soekarno.

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin pun mengatakan, beberapa kali Raja Salman menanyakan keberadaan cucu Bung Karno. Ia mengetahui hal itu karena berada berdekatan dengan Raja Salman ketika upacara penyambutan kenegaraan dilakukan di Istana Bogor, Rabu 1 Maret 2017.

Menurut Bey, ternyata ada yang sangat diingat oleh Raja Salman dari sang proklamator itu. "Saya ingat sekali dengan Presiden Sukarno, selalu mengatakan, 'Saudara-saudara'. Ini yang saya ingat di sini," ujar Raja Salman terang Bey.

Pada waktu pertama kali bertemu Presiden Soekarno, Raja Salman sedang mendampingi ayahnya Raja Saud yang menemui Presiden Soekarno seusai melaksanakan ibadah Haji.

Presiden Jokowi langsung mengenalkan Puan Maharani yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

"Ini cucu Sukarno," kata Presiden kepada Raja Salman.

Dalam pertemuannya dengan Megawati dan Puan Maharani yang berlangsung sekitar 15 menit. Raja Salman yang berusia 81 tahun berbagi kenangannya saat bertemu dengan dan berbincang dengan Presiden Soekarno Tahun 1955 lalu saat beribadah Haji di Arab Saudi.

Pertemuan ini berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 2 Maret 2017. Raja Salman bertemu Megawati ditemani Puan dan Presiden Jokowi dalam waktu bersamaan. Pertemuan itu memang tidak lama, hanya sekitar 15 menit karena padatnya agenda sang Raja.

Usai pertemuan dengan Raja Salman, Puan mengatakan, pertemuan itu berlangsung dengan santai, hangat, dan akrab. Raja Salman terkesan dengan penyambutan yang diberikan masyarakat Indonesia atas kedatangannya.

"Saya merasa bahwa sambutan Presiden Joko Widodo kepada Raja Arab Saudi, apalagi bisa bertemu dengan anak dan cucu Presiden Sukarno ini merupakan suatu bentuk sejarah yang semakin erat dengan Arab Saudi," tutur Puan menirukan Raja Salman.

Kesempatan Raja Salman dapat bertemu secara khusus dengan anak dan cucu Presiden Sukarno bukan tanpa arti. Raja menilai pertemuan ini menunjukkan hubungan sangat erat antara Indonesia dan Arab Saudi.

"Raja Salman sampaikan, 'saya tentu saja menyempatkan diri untuk bertemu anaknya Bung Karno untuk melanjutkan hubungan ini," ungkap Puan mengutip Raja Salman.

Post A Comment: