Indonesia menyesalkan pihak penyelenggara Asian Games Malaysia atas kelalaian setelah bendera Indonesia dicetak terbalik dalam sebuah buku panduan suvenir The 29th biennial SEA Games
Bendera Indonesia tercetak terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017. (foto: twitter, Imam Nahrawi)

Jakarta, PILKITA - Indonesia menyesalkan pihak penyelenggara SEA Games Malaysia atas kelalaian setelah bendera Indonesia dicetak terbalik dalam sebuah buku panduan suvenir The 29th biennial SEA Games .

Kesalahannya, yang membuat bendera Indonesia merah-putih menyerupai Polandia, telah menyebabkan kemarahan di Indonesia dimana hashtag "shameonyoumalaysia" telah menjadi hashtag paling populer di Twitter.

Menteri Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi menggunggah kesalahan tersebut ke dalam akun twitternya. Nahrawi mengatakan, "Pembukaan #SEAgame2017 yg bagus tapi tercederai dg keteledoran fatal yg amat menyakitkan. Bendera kita....Merah Putih. Astaghfirullaah..."


Bendera Indonesia memiliki dua bagian horizontal dengan warna merah di bagian atas dan putih di bawahnya. Pihak percetakan Malaysia mengubahnya terbalik membuatnya terlihat seperti bendera Polandia.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir mengatakan kesalahannya "menunjukkan kelalaian" dan meminta agar buku panduan ditarik dan versi baru dicetak. "Persahabatan adalah warisan terbesar dalam olahraga, namun kesalahan dalam menghadirkan identitas nasional tidak dibenarkan," katanya.

Indonesia tampaknya telah melakukan pelanggaran khusus karena buku panduan tersebut disebarkan ke VIP pada upacara pembukaan hari Sabtu di Kuala Lumpur untuk Asian Games ke-29 dan hanya bendera yang ditunjukkan dengan tidak benar. Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi mengatakan kesalahan itu "sangat menyakitkan."

Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga meminta permintaan maaf namun memperingatkan agar tidak melebih-lebihkan insiden tersebut. "Kami menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia karena ini terkait dengan kebanggaan bangsa kita," kata Jokowi, Minggu (20/8).

Panitia Pelaksana Malaysia mengatakan bahwa ketua dan menteri olah raga Malaysia akan bertemu dengan Nahrawi untuk meminta maaf. "Kami sangat menyesali kesalahannya," katanya dalam sebuah pernyataan.

Malaysia dan Indonesia adalah negara mayoritas Muslim dan memiliki bahasa yang sama namun sering menuduh tuduhan mencuri makanan dan budaya orang lain. Penciptaan Malaysia ketika kerajaan Inggris dibongkar setelah Perang Dunia II ditentang keras oleh Indonesia, maka kemudian sebuah negara baru bangkit dari penjajahan Belanda dan pendudukan Jepang yang berumur pendek.


Malaysia meminta maaf kepada Indonesia

Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan kepada wartawan di Jakarta bahwa insiden tersebut menyangkut "kebanggaan nasional", dan meminta permintaan maaf dari pemerintah Malaysia.

Dalam beberapa jam, Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman meminta maaf kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia atas "kesalahan yang tidak disengaja" tersebut, dengan mengatakan bahwa semua tindakan antisipasi termasuk menarik buku panduan SEA Games telah diambil.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin mengatakan kesalahan itu akan diperbaiki dan buku panduan yang sudah diperbaiki akan dikirim ke para pejabat dan tamu pertandingan.

"Kami mohon maaf karena mempengaruhi citra dan reputasi Republik Indonesia, karena bendera tersebut merupakan simbol kebanggaan," katanya usai bertemu delegasi Indonesia dalam pertandingan tersebut.

Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia Imam Nahrawi mengakui permintaan maaf Khairy, dan mengatakan bahwa dia berharap kejadian tersebut tidak akan terulang.

Imam sebelumnya menyatakan cemas, memasang gambar kesalahan pada akun Twitter-nya setelah upacara pembukaan SEA Games.

"Itu adalah upacara pembukaan yang bagus tapi terganggu oleh kelalaian fatal yang sangat menyakitkan ini," katanya.

Kesalahan bendera adalah yang terbaru dari serangkaian insiden memalukan di pertemuan olahraga regional.

Post A Comment: