Trotoar yang kerap digunakan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan parkir mobil di kawasan Simpang Lima Semper Jakarta Utara ditertibkan petugas dalam operasi "Bulan Tertib Trotoar"
Petugas Satpol PP menertibkan PKL dan Parkir liar di kawasan Simpang Lima, Semper, Jakarta Utara (10/8)

Jakarta, PILKITA - Trotoar yang kerap digunakan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan parkir mobil di kawasan Simpang Lima Semper Jakarta Utara ditertibkan petugas dalam operasi "Bulan Tertib Trotoar". Pelaksanaan "Bulan Tertib Trotoar" ini sesuai dengan Instruksi Gubernur nomor 99 tahun 2017.

Sekitar 20 lapak pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Raya Plumpang Semper, Kecamatan Koja, Jakarta Utara ditertibkan oleh petugas gabungan Pemkot Administrasi Jakarta Utara, Kamis (10/8).
Kegiatan operasi ini akan berlangsung dari tanggal 1 agustus sampai dengan 31 agustus 2017.

Operasi penertiban hari ini berlangsung dari jam 08.00-12.00 WIB di jalan Simpang Lima Semper , Jalan Plumpang Semper Kelurahan Tugu Selatan dan Kelurahan Tugu Utara Jakarta Utara, yang dipimpin langsung oleh Pejabat Kepala Seksi (Kasi) Ketertiban Umum Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara Siti Mulyati, S.Sos, M.Si.

Penertiban ini melibatkan Dishub, PPSU, TNI, Polisi, Satpol PP dan Unsur dari Kebersihan dan Lingkungan Hidup. Total 143 orang aparatur yang ikut serta menggelar operasi tersebut. Hasil operasi "Bulan Tertib Trotoar" 2017 berhasil menertibkan banyak lapak dan puing-puing kaki lima langsung dikirim ke Gudang Walang Satpol PP dan juga beberapa mobil yang parkir secara liar.

Untuk PKL yang terjaring dalam penertiban itu dikenakan sanksi tindak pidana ringan (tipiring) sedangkan untuk mobil-mobil yang parkir liar dikenakan tilang oleh pihak Dinas Perhubungan.

Dalam penertiban ini tidak ada perlawanan dari PKL, dikarenakan mereka sadar bahwa trotoar yang mereka gunakan merupakan hak pejalan kaki, demikian disampaikan oleh staf satpol PP menyampaikan kepada Pilkita.com tanpa mau menyebutkan namanya.

Seperti yang diketahui bahwa beberapa lintasan trotoar sudah menjadi pemandangan umum jika PKL, kendaraan mobil dan motor yang menempati area tersebut, padahal trotoar menjadi hak pejalan kaki.  Dengan penertiban di Bulan Tertib Trotoar 2017 diharapkan trotoar di wilayah Jakarta bersih dari PKL dan kendaraan bermotor yang parkir liar.

Post A Comment: