Komplek Penjara Teluk Guantanamo Kuba.

Kuba resmi menyewakan Teluk Guantanamo kepada Amerika Serikat pada 23 Februari 1903.  Tempat ini dijadikan Pangkalan Angkatan Laut dan komplek penjara ekstra ketat Guantanamo oleh Amerika Serikat.

Penyewaan Guantanamo terjadi pada masa pemerintahan Kuba sebelum Fidel Castro. Namun, Castro tidak mengakui perjanjian itu, dia tidak berdaya mengusir para serdadu AS tersebut karena AS berdalih bahwa perjanjian sewa-menyewa itu resmi dan dilindungi hukum internasional.

Teluk Guantanamo terletak di provinsi Gunatanamo Kuba. Teluk ini dijadikan pangkalan Angkatan Laut AS. Awalnya di situ ditempatkan sekitar 9.500 orang marinir.

selanjutnya, pada awal tahun 2002, Guantanamo dijadikan penjara hidup paling kejam di dunia. Di tempat tersebut disembunyikan sekitar 500 tahanan yang dituduh AS sebagai teroris dan pengikut Al-Qaeda.

Penjara Guatanamo terkenal sebagai penjara yang kejam dan pengamanan ekstra ketat.

Pangkalan Angkatan Laut Guantanamo memiliki fasilitas sangat lengkap, termasuk  fasilitas lapangan udara. Kapal perang AS sering berlabuh di pangkalan angkatan laut AS tersebut.

Pangkalan tersebut terpisah dari Kota Guantanamo, ibukota provinsi Guantanamo, Kuba. Kota itu terletak sekitar 34 kilometer utara teluk Guantanamo. Sampai tahun 1843, kota yang didirikan sekitar 1819 ini dinamakan Santa Catalina del Saltadero del Guaso.

Provinsi Guantanamo dikenal sebagai penghasil tebu/gula, kopi, dan coklat. Jalan raya menghubungkan Santiago de Cuba dengan kota pelabuhan Cair manera di Teluk Guantanamo.

Teluk Guantanamo ini dikelilingi perbukitan ini berukuran lebar 9 km dan panjang 18 km, dan disebut one of largest and best sheltered bays in the world. Gadis-gadis Guantanamo diabadikan dalam sebuah lagu populer, Guantanamera.

Post A Comment: