Agus Harimurti Yudhoyono meberikan keterangan pers, mengucapkan menerima kekalahan dengan lapang dada dan terima kasih kepada para pendukungnya karena sudah berjuang dalam Pilgub DKI Jakarta.

Jakarta, Pilkita.com - Belum usai penghitungan hasil akhir suara Pilkada DKI 2017 yang baru saja digelar Rabu (15/2/2017) kemarin, namun pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni sudah memberikan pernyataan untuk menerima kekalahan.

Memang perkiraan hasilnya sudah dapat terlihat dari hasil hitung cepat atau quick count beberapa lembaga survei. Dari hasil perhitungan cepat Litbang Kompas, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni mendapatkan suara 17,37 persen, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat mendapatkan 42,87 persen, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mendapatkan 39,76 persen.

Dapat disimpulak dari hasil tersebut, Pilkada DKI 2017 akan berlangsung dua putaran. Hal ini dikarenakan tidak ada pasangan calon yang meraih suara 50 persen plus 1. Karena hasil itu pula dapat diprediksi Agus-Sylvi gagal memasuki ke putaran kedua.

Penghitungan manual memang belum selesai tetapi Agus sudah menggelar konferensi pers dan mengakui kekalahannya. Agus-Sylvi telah menerima hasil Pilkada DKI 2017 berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei itu.

Menurut Agus, Pilkada DKI 2017 adalah sebuah kompetisi yang pasti ada pihak menang dan pihak yang kalah. Dia berpendapat bahwa kekalahan itu sebagai sebuah realitas kehidupan. Agus menganggap perolehan suara tersebut menandakan dirinya belum berhasil memenuhi harapan para pendukung untuk memimpin Jakarta.

Agus mengatakan, "Secara kesatria dan lapang dada saya menerima kekalahan saya." terangnya di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat.

Agus juga yakin Tuhan punya rencana lain untuknya. Agus yakin ada hikmah di balik kegagalannya tersebut.

"Allah SWT, Tuhan Yang Mahakuasa belum mengizinkan saya dan Ibu Sylvi untuk menjadi pemimpin Jakarta. Saya yakini rencana dan keputusan Allah SWT selalu benar dan selalu lebih baik daripada rencana manusia," tambah Agus.

Agus juga mengucapkan selamat kepada dua pasangan cagub-cawagub lainnya yang masuk ke putaran kedua. Bahkan, Agus berupaya untuk menghubungi dua pasangan calon lain untuk memberi ucapan selamat.

"Tadi saya sudah menelepon langsung Bapak Basuki. Saya juga sudah mencoba menghubungi Bapak Anies, termasuk Bapak Sandi. Tetapi, beliau berdua masih ada kegiatan. Tujuan kami menghubungi beliau-beliau adalah untuk secara langsung mengucapkan selamat atas capaian mereka berdua," ucap Agus.


Annisa Pohan mendampingi Agus

Agus berada di antara Sylviana Murni dan istrinya, Annisa Pohan pada saat menggelar konferensi pers tadi malam. Sylviana tampak diam mendengarkan setiap perkataan Agus.

Sementara itu Annisa, tampak menitikan air mata. Agus berterima kasih kepada Annisa dan anak mereka, Aira, yang selalu mendampingi perjuangan Agus selama ini.

"Saya mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya untuk keluarga saya, khususnya Annisa, istri saya, dan Aira putri saya, yang setiap saat mendampingi dalam perjuangan saya," ujar Agus.

"Saya minta maaf kalau saya jarang sekali menemani keluarga, tapi ini semua pasti ada hikmah dari Allah SWT," kata Agus.

Annisa pun tak kuasa menahan air mata saat Agus meminta maaf karena jarang memberikan waktunya untuk keluarga, terutama pada masa kampanye Pilkada DKI 2017 ini.

Post A Comment: