Kuil Wat Phra Dhammakaya di Bangkok Thailand

Bangkok, Pilkita.com - Tentara dan polisi Thailand mengepung sebuah kuil Buddha di pinggiran kota Bangkok atas perintah perdana menteri hari ini (16/2/2017).

Mereka berencana untuk melakukan penangkapan seorang pemimpin spiritual yang diyakini bersembunyi di area kuil Wat Phra Dhammakaya itu.

Perseteruan antara kuil Wat Phra Dhammakaya dengan pemerintah sudah terjadi selama empat bulan terakhir setelah seorang mantan biksu dituduh menggelapkan uang.

Pemerintah selama ini masih ragu untuk menggerebek kuil kaya raya yang sangat berpengaruh itu yang memiliki kompleks seluas lebih dari 400 hektar itu.

Upaya penggerebekan sebelumnya telah menggerakan ribuan orang untuk melindungi biksu yang  akan ditangkap, karena diyakini bersembunyi di dalam kuil itu.

Phra Dhammachayo, Sang biksu telah dituduh menerima uang sebesar 33 juta dolar AS atau sekitar Rp 439 miliar dari pemilik sebuah bank yang saat ini berada di penjara.

Kini ratusan personel tentara dan polisi dikerahkan untuk menutup jalan menuju ke kuil tersebut atas perintah Perdana Menteri (PM) Prayut Chan-O-Cha.

PM Prayut juga mengeluarkan perintah khusus yang dikenal sebagai "seksi 44" yang membuat kuil serta wilayah di sekitarnya mutlak berada di bawah kendali militer.

"Pemerintah berwenang melarang siapa saja memasuki wilayah itu, mengusir mereka hingga menghancurkan bangunan milik mereka," demikian isi perintah PM Prayut.

Bila ada pihak yang mencoba menghalangi pemerintah melaksanakan aturan ini maka mereka terancam hukuman penjara satu tahun dan membayar denda.

Dalam sebuah rilis yang dikirim melalui surat elektronik ke media-media, pengelola kuil menerangkan lebih dari  4.000 polisi dan tentara memblokade jalan dan melarang siapapun masuk atau keluar kuil.

Di bagian luar kuil itu polisi dan tentara terlihat berjaga ketat sementara ribuan pendukung sang biksu diduga kuat masih berada di dalam kuil.

Berdasarkan tradisi Thailand, pemerintah sekuler biasanya enggan ikut campur dalam urusan para biksu di negeri dengan mayoritas penduduknya memeluk agama Buddha itu.

Sementara itu, pemuka agama Buddha yang konservatif menuduh biksu Phra Dhammacayo kini tengah mempromosikan program membeli jalan untuk menuju ke surga.

Kuil itu juga dituduh memiliki hubungan dekat dengan mantan PM Thaksin Shinawatra yang digulingkan kudeta militer pada tahun 2006.

Dalam 30 tahun terakhir kuil Wat Phra Dhammakaya berkembang sangat pesat dan mampu mengumpulkan dana puluhan juta dolar.

Post A Comment: