Gempa buni berkekuatan 4,5 skala Richter mengguncang Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Minggu
Ilustrasi.

Sorong - PILKITA, Gempa buni berkekuatan 4,5 skala Richter mengguncang Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Minggu (6/8), sekitar pukul 08.35 WIB, namun dilaporkan tidak menimbulkan kerusakan parah.

Kepala Stasiun Geofisika Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sorong Andri W mengatakan pusat gempa berada di laut sekitar 92 km sebelah barat Kabupaten Raja Ampat.

Pusat gempa tersebut berda pada koordinat 0,63 derajat Lintang Selatan dan 130,02 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 km.

Namun, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk menghasilkan perubahan di dasar laut.

Menurut Andri, jika proses gempa itu dilihat dari kedalaman hypocenter, gempa itu terjadi karena ada aktivitas sesar aktif. Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

Namun gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami.

"Kami mengimbau kepada masyarakat di pesisir pantai agar tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab karena gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami," Andri menambahkan.

Post A Comment: