Presiden Joko Widodo meresmikan Bandar Udara Internasional Silangit, 24 November 2017.

Medan, PILKITA - Hari ini Presiden Joko Widodo meresmikan terminal Bandar Udara Internasional Silangit di Kecamatan Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (24/11).

Presiden yang akrab dengan sapaan "Jokowi" itu datang dengan menaiki helikopter Super Puma VVIP milik dari TNI Angkatan Udara.

Saat ini, Bandara Internasional Silangit memiliki landas pacu (runway) sepanjang 2.650 meter dan terminal seluas 3.000 meter persegi. Jokowi pun meminta untuk diperpanjang lagi.

Saat peresmian itu, Jokowi langsung meminta agar bandara tersebut diperluas lagi.

"Ini perintah saya ke Menteri Perhubungan diperpanjang runway dari 2.650 menjadi 3.000 meter agar pesawat wide body yang paling besar bisa masuk ke Silangit," kata Jokowi saat peresmian Terminal Bandara Internasional Silangit.

Selain bentang runway, Jokowi juga meminta terminal bandara tersebut diperluas lagi. Saat ini terminal bandara itu seluas 3.000 meter persegi.

 Jokowi menambahkan, "Paling lambat 2020, paling lambat. Jadi bisa maju (penyelesaiannya, red), 2018, 2019. Dan terminalnya dari 3.000 meter persegi menjadi 10 ribu meter persegi."

"Sekarang kita sedang membuat ledakan baru di dunia pariwisata, saat gerbang menuju keindahan Danau Toba yang menyimpan sejarah bumi dan kekayaan budaya suku-suku di tano Batak terbuka lebar," kata Jokowi saat peresmian tersebut.

"Inilah gerbang bagi wisatawan berkunjung, gerbang kreativitas pelestarian adat Batak, gerbang untuk marsipature huta nabe, membangun kampung halaman dan terutama gerbang menuju peningkatan kemakmuran, kesejahteraan seluruh tano Batak," tambahnya.

Jajaran Kabinet yang Ikut dalam rombongan adalah Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan sejumlah pejabat lainnya.

Selanjutnya, Presiden akan menuju Kabupaten Langkat untuk menyerahkan Kartu Indonesia Pintar dan Program Keluarga Harapan di Gedun Serba Guna Manunggal Langkat Berseri, Kabupaten Langkat.

Sementara itu , Presiden Jokowi melaksanakan ibadah shalat Jumat dan masih dilanjutkan dengan penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di kawasan Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

Seperti diberitakan sebelumnya Bandara Silangit sebenarnya sudah mempunyai status sebagai bandara internasional pada 28 Oktober 2017. itu ditandai dengan penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Bandara Changi Singapura ke Silangit bernomor penerbangan GA 8510 dari Changi, Singapura tepat pukul 13.30 WIB.

Bandara Silangit berkapasitas 500.000 penumpang per tahun ini dilengkapi dengan fasilitas CIQ (Custom, Immigration, Quaratine), runway dengan panjang 2.650 x 30 meter, dan PCN yang bisa mengakomodasi pesawat berbadan sempit Airbus A320 dan Boeing 737-800.

Bandara Silangit mengimplementasikan fitur "smart airport" dengan teknologi digital, antara lain, berupa Wi-Fi gratis, display jadwal bus dan penerbangan, e-payment, mesin tiket bus, e-kios, informasi turis, self check-in dan berbagai fitur digital.

Post A Comment: